Minggu, 21 September 2014

Rangka Tubuh Manusia

Rangka pada tubuh manusia tersusun atas 206 tulang yang saling berhubungan.Tulang-tulang tersebut dihubungkan oleh sendi.
Fungsinya adalah sebagai berikut:
  • ·         Menegakan dan memberi bentuk tubuh.
  • ·         Tempat melekatnya otot otot.
  • ·         Sebagai alat gerak pasif.
  • ·         Melindungi alat alat tubuh ya g lunak, seperti tengkorak yang melindungi otk,mata, hidung, dan telinga: tulang rusuk yang melindungi hati, jantung, paru paru, dan pembuluh darah; serta tulang belakang yang melindungi sumsum tulang belakang.
  • ·         Tempat pembentukan sel sel darah merah dan  sel sel darah putih, terutama ada tulang pipih.
  • ·         Tempat penimbunan zat kapur.

Berdasarkan bentuknya tulang dibagi menjadi tulang pipa, tulang pipih, dan tulang pendek.

A.Tulang Pipa
Tulang pipa berbentuk bulat pan pjang seperti pipa. Biasanya pada setiap tulang pipa terdiri atas satu bagian batang dan di kedua ujungnya membesar berupa bonggol  yang tersusun dari tulang spons.Di  dalam tulang pipa terdapat sumsum kuning dan lemak. Cotoh tulang pipa adalah  tulang lenganatas, tulang paha, tulang betis, tulang ruas jari kaki dan tulang ruas jari tangan.

B. Tulang Pipih
Tulang pipih berbentuk pipih dan di dalamnya terdapat sumsum merah  yang berfungsi sebagai tempat pembuatan sel darah merahdan sel darah putih. Contoh tulang pipih adalah tulang rusuk, tulang dada, tulang belikat, tulang tengkorak, dan tulang panggul.

C. Tulang Pendek
Tulang pendek berbentuk bulat dan pendek, di dalamnya terdapat sumsum merah.
Berdasrkan bahan pembentuknya , tulang dibedakan menjadi tulang rawan dan tulang keras.Tulang rawan tersusun dari jaringan tulang rawan, bersifat lentur, dan banyak mengdung kolagen atau  zat perkat. Tulang rawan tersusun dari sel sel tulang rawan yang disebut kondrosit.

Berbeda halnya dengan tulang rawan,tulang keras (tulang kompak) merupakan tulang yang bersifat padat, rapat, dan banyak mengandung zat kapur, fosfat, protein, dan sedikit kolagen. Tulang keras  tersusundari sel sel tulang yang sudah dewasa (osteosit).Kandungan Zat kapur atau bias kita sebut kalsium dapat membuat tulang kita keras.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar