Senin, 22 September 2014

C.Kelainan Pada Tulang Manusia

Berikut  ini kelainan yang dapat terjadi pada tulang manusia:

1). Osteoporosis.
     Osteoporosis adalah kerusakan tulang yang disebabkan adanya pengapuran tulang sehingga menjadi keropos. Penyakit tersebut terjadi karena kekurangan mengomsumsi kalsium, fosfor, dan vitamin D. Pengapuran tulang dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium, fosfor, vitamin D,vitamin C, sering berjemur dibawah matahari pagi, berolahraga.

2). Rakitis
   Rakitis merupakan kelainan di mana bentuk kaki melengkung menyerupai huruf  X atau O. Kelainan tulang ini   sudah terdapat sejak penderita masi  dalam kandungan. Selain karena factor keturunan (genetika), rakitis juga dapat disebabkan kurang vitamin D dan zat kapur yang dikomsumsi ibu saat  hamil.

3).Kelainan Tulang Akibat Penyakit Lain.
   Gangguan tulang dapat juga terjadi akibat pengaruh penyakit lain, misalnya tuberculosis tulang dan tumor ganas. Kedua macam penyakit tersebut dapat menyebabkan tulang menjadi busuk dan rusak.

4). Kelainan Tulang karena Kecelakaan (Retak,Memar, atau Patah).
   Kecelakaan dapat menyebabkan tulang retak, patah, memar atau tulang akan mengalami kelainan, seperti tulang menjadi bongkok.

5).  Kelainan Bentuk Tulang Karena Posisi Duduk yang salah.
    Kebiasaan duduk yand salah atau membawa beban hanya pada salah satu sisi tubuh  dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kelainan pada tulang , misalnya tulang belakang. Kelainan pada tulang belakang dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:
a).Skoliosis, kelainan pada tulang punggung yang bengkok ke kiri atau ke kanan,
b). Lordosis, kelainan pada tulang punggung yang terlalu bengkok ke depan,

c).Kifosis, Kelainan pada tulang punggung yang terlallu bengkok belakang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar