Minggu, 21 September 2014

A.Bagian Tulang Penyusun Rangka Tubuh

Berdasarkan letaknya dalam rangka tubuh, tulang dibedakan menjadi 3 Kelompok yaitu tulang tengkorak, rangka badan, dan tulang anggota badan.

1.Tulang Tengkorak
Tulang tengkorak adalah tulang kerangka kepala yang melindungi otak . Semua penyusun tulang tengkorak adalah tulang pipih . Tulang tulang tersebut saling menyambung membentuk rongga yang disebut rongga otak. Di dalam rongga tersebut tersimpan otak.
Rongga otak mempunyai permukaaan atas yang disebut kubah tengkorak. Kubah tersebut mempunyai bagian atas yang licin. Permukaan bawah rongga adalah dasar tengkorak yang berlubang lubang sehingga dapat dilalui oleh serabut saraf dan pembuluh darah.
Tulang tengkorak dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu tulang pelindung otak (cranium) dan tulang pembentuk wajah.
a.Tulang pelindung otak (kranium) terdiri atas delapan tulang: tersusun dari tulang dahi, tulang ubun ubun , tulang tapis,tulang baji, tulang pelipis, dan tulang kepala bagian belakang.
b. Tulang pembentuk wajah terdiri dari 14 tulang tersususn dari tulang rahang atas, tulang rahang bawah, tulang hidung, tulang pipi, tulang air mata, tulang langit langit, dan tulang lidah.

2.Rangka Badan
Rangka badan tersususn dari ruas ruas tulang belakang, tulang dada, tulang rusuk tulang gelang  bahu, dan tulang gelang  panggul.
Ruas ruas tulanng belakang ,tulang dada, dan tulang rusuk saling berhubungan sehingga membentuk rongga  dada yang melindingi jantung dan paru paru.
a.       Ruas ruas tulang belakang (collumna vertebralis)
Ruas ruas tulang belakang merupakan tulang yang kuat dan ffleksibel yang berfungsi untuk menyangga kepala . Di dalam ruas ruas tulang belakang terdapat saluran sumsum tulang belakang. Tulang belakang terdiri atas 33 ruas , yaitu:
1.       7 ruas tulang leher,
2.       12 ruas tulang punggung,
3.       5 ruas tulang pingggang,
4.       5 ruas tulang panggul (sacrum),
5.       4 ruas tulang ekor,
b.   b.Tulang dada (sternum)
Tulang dada terletak di tengah bagian dada. Tulang dada berbentuk pipih, pada bagian atasnya lebih lebar dari pada bagian bawahnya. Tulang dada dibagi menjadi tiga bagian yaitu:
1.       Bagian hulu
2.       Bagian badan
3.       Bagiab taju pedang.
  c.Tulang rusuk (costae)
   Tulanng rusuk pada manusia terdiri atas 12 pasang tulang rusuk yang  dapat      dikelompokkan menjadi tiga jenis,yaitu:
1.       7 pasang tulang sejati, bagian depan tulang rusuk melekat pada tulang dada dan bagian belakang melekat padaaa tulang punggung;
2.        3 pasang tulang rusuk palsu, bagian depan tulang rusuk melekat pada tulang rusuk sejati dan bagian belakang melekat pada tulang pumggumg:
3.        2 pasang tulang rusuk melayang, bagian depan tulang ruauk tidak melekat pada tulang apapun,sedangkan bagian belakang melekat pada tulang punggung.
d.Tulang gelang bahu
Tulang gelang bahu terdiri atas;
(1)    2 tulang selangka. Tulanng ini berada di sebelah kanan dan kiri. Salah satu bagian melekat pada tulang dada bagian hulu,sedangkan bagian yang lain melekat  pada  tulang belikat.
(2)    2 tulang belikat. Tulang ini berada di sebelah kanan dan kiri, bentuknya pipih segitiga dan pada bagian atas terdapat tonjolan yang disebut paruh gagak.
e. Tulang  gelang panggul (coxae)
Tulang gelang panggul terdiri atas;
(1)    2 tulang usus (ilium).
(2)    2 tulang kemaluan.
(3)    2 tulang duduk.
      Keenam tulang tersebut bergabung menjadi satu.

3.Tulang Anggota Badan.
Tulang anggota badan terdiri atas tulang lengan dan tulang tungkai
a.       Tulang lengan, terddiri atas:
(1)    2 tulang lengan atas.
(2)    2 tulang pengumpil.
(3)     2 tulang hasta.
(4)    16 atau  2 x 8 tulang pergelangan  tangan.
(5)    10 atau 2 x 5 tulang telapak tangan.
(6)    28 atau 2 x 14 tulang ruas jari tangan.
    b.Tulang tungkai, terdiri atas;
             (1) 2 tulang paha.
            (2) 2 tulang tempurung.
           (3) 2 tulang kering.
          (4) 2 tulang betis.
(5) 14 atau  2 x 7 tulang pergelangan kaki.
(6) 10 atau 2 x 5 tulang telapak kaki.

(7) 28 atau 2 x14 tulangruas jari kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar