Senin, 22 September 2014

Otot Manusia

   Otot disebut juga sebagai alat gerak aktif karena otot dapat berkontraksi dan berelaksasi sehingga menyebabkan rangka bergerak. Otot terbentuk dari kumpulan sel sel otot yang secara aktif berkontraksi (mengerut atau memendek) menanggapi  rangsangan da berelaksasi (mengendur atau memanjang) sehingga kembali ke bentuk semula.
   Otot memerlukan energy untuk berkontraksi. Energi untuk berkontraksi . Energi diperoleh dari oksidasi makanan (karbohidrat). Oksidasi tersebut menghasilkan senyawa Kaya energi  adenosine tri fosfat (ATP),
Otot yang terus menerus berkontraksi akan mengalami kelelahan karena asam laktat menumpuk pada otot hasil dari respirasi anaerob.
a.       Jenis Otot Berdasarkan Struktur,cara kerja, dan lokasi dalam  Tubuh.
Berdasarkan struktur, car kerja, dan lokasi dalam tubuh, otot dapat dibedakan menjadi otot lurik, otot polos, dan otot jantung  

1.      1.   Otot Lurik (Volunter)
Jika dilihat di  bawah mikroskop, otot lurik terlihat lurik lurik (bergaris melintang). Otot tersebut  melekat pada rangka tubuh sehingga dikenal sebagai otot rangka.
Otot rangka membentuk otot angfota gerak yang dapat menggerakkan tubuh. Otot ini terdiri atas sel sel panjamng yang disebut sebagai serat.
Otot Lurik berbentuk silindris memanjang yang menyerupai banyakn inti sel pada setiap selnya.
Bagian ujung otot yang melekat pada tulang disebut urat otot (tendon).
Tendon yang melekat pada tulang dan dapat bergerak disebut origo, sedangkantendon yang melekat pada tulang dan tidak bergerak disebut insersio.
Otot Lurik bekerja di bawah kesadaran, sesuai denganperintah otot sehingga disebut sebagai otot sadar.

      2.  Otot Polos (Involunter)
      Otot polos terlihat polos dan tidak bergaris melintang jika dilihat Di bawah mikroskop. Bentuk otot ini gelondong, kedua ujungnya meruncing dan bagian tengahnya menggelembung. Pada setiap sel terdapat satu inti sel. Otot ini bekerja secara otomatis, tetapi diatur oleh saraf otonom (tak sadar) yang memengaruhi kontraksinya sehingga disebut juga otot tak sadar.Otot ini dirancang ntuk kontraksi yang lambat dalam jangka waktu yang panjang . Otot polos membentuk dinding organ internal,seperti lambung, usjus, kandung kemih, pembuluh darah, dan Rahim.
     
          3.  Otot Jantung (Miokardium)

Otot jantunng terdapat pada jantung. Otot jantung berstruuktur lurik, tetapi tidak beraturan.  Otot  ini tersusun dari serabut serabut bercabang yang pendek, silindris, dengan  inti sel di bagian tengahnya. Otot jantung bekerja tidak di bawah keinginan kita, tetapi berkontraksi secara otomatis dan ritmis sepanjang hidup. Kontraksinya dapat cepat atau  lambat , serta dikendalikan oleh saraf yang mempercepat atau memperlambat kerja otot tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar