Senin, 22 September 2014

Kelainan Pada Otot Manusia

Beberapa kelainan yang terjadi pada otot manusia, antara lain kejang otot, keseleo, nyeri otot, miastenia gravis, dan  polio.

1). Kejang Otot
Kejang otot (kram) disebabkan ketegangan otot yang sangat kuat. Hal ini dapat terjadi karena cuaca  dingin,aktivitas otot yang terlalu berat, serta tidak seimbangnya air dan ion di dalam tubuh. Gejala yang ditimbulkan adalah rasa nyeri dan sakit yang luar biasa. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya kejang otot adalah rileks dan menjaga agar otot tidak terlalu leleh.

2). Keseleo
Keseleo terjadi karena tertariknya otot atau trendon di daerah persendian. Jika terlalu keras, tarikan ini  dapat menyebabkan putusnya trendon atau otot. Beberapa cara untuk mencegah terjadinya keseleo adalah dengan lebih berhati hati ketika beraktivitas.

3).Nyeri Otot.
Terjepitnya pembuluh Darah atau ujung saraf dapat menimbulkan rasa  nyeri terutama pada otot. Rasa nyeri otot timbul karena alirandarah terhambat. Nyeri ini sering dirasakan oleh orang berusia lanjut da nada kecenderungan kambuh pada cuaca dingin . Nyeri otot dapat dicegah dengan banyak mengomsusi makanan bergizi., olahraga teratur, dan bila otot masih terasa nyeri dapat dilakukan pemijitan ringan atau menggosoknya dengan minyak gosok.

4). Miastenia Gravis.
Miastenia gravis merupakan penyakit  yang menyebabkan otot menjadi melemah dan cenderung lumpuh. Penyakit tersebut menyerang otot otot di sekitar kelopak mata, muka,leher, dan anggota gerak.

5). Polio

Infeksi virus yang menyerang pada saraf otot pengendali disebut polio. Polio dapat menyebabkan mengecilnya kaki sehingga penderita menjadi lumpuh,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar